Kamis, 23 Mei 2013

Cara pertama tanggulangi serangan stroke


Halo teman-teman semua kalian tentu tahu penyakit stroke. Penyakit stroke jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Saya akan memberi tahu teman semua petolongan pertama pada penderita stroke.
Jika ada orang yang terkena stroke maka jangan  panik. Hal pertama yang harus dilakukan jangan dipindahkan orang tadi dari tempat jatuh semula. Karena jika di pindahkan akan mempercepat perpecahan pembuluh darah halus di otak. Penderita harus dibantu untuk posisi duduk yang benar agar tidak terjatuh dan pengeluaran darah dapat dilakukan. Untuk yang terbaik gunakan jarum suntik,tapi jika tidak ada jarum suntik maka gunakan jarum jahit atau jarum pentul yang terlebih dahulu sterilkan dengan cara membakar diatas api.
Segera jika jarum sudah steril tusukan ke 10 ujung jari tangan. Titik penusukan kira-kira 1 cm dari kuku. Setiap jari cukup tusuk 1 kali saja dengan harapan bisa mengeluarkan 1 tetes darah. Pengeluaran darah juga bisa dibantu memencet jari jika darah tidak keluar dari ujung jari. Dalam jangka waktu 10 menit si penderita akan sadar kembali.
Bila mulut si penderita mencong/ tidak normal, maka kedua daun telinga si penderita harus ditarik-tarik sampai berwarna kemerah-merahan. Lalu tusuk 2 kali masing-masing ujung bawah daun telinga sehingga darah keluar 2 tetes setiap daun telinga dengan demikian mulut sipenderita kan kembali normal. Setelah keadaan si penderita kembali pulih dan tidak ada kelainan yang berarti, maka bawalah si penderita dengan hati-hati ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar